Telp. 021-22001558 | Ponsel : 081381913411 Whats’App : 081381913411

Surya  Translation Service
Surya Translation Service

Surya Translation Service
Jasa Penerjemah Tersumpah & Legalisasi

Jl. Aup Raya No. 2C RT. 005/010 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520 - Indonesia

email suryatranslation@gmail.com
telp 021-22001558 / 081381913411
wa 081381913411

Pembayaran

Transfer

Flag Counter

Artikel

jasa penerjemah tersumpah, penerjemah tersumpah, jasa penerjemah resmi, jasa penerjemah dokumen, sworn translator, jasa legalisasi dokumen, jasa legalisasi notaris, jasa legalisasi kemenkumham, jasa legalisasi kemenlu, jasa legalisasi kedutaan, jasa pembuatan skck mabes polri, jasa skck mabes

Jasa Legalisasi Kemenkumham
Tanggal Posting : Rabu, 1 November 2017
Pengirim : STS PENERJEMAH - dibaca 39 kali

Dalam hal pengesahan atau yang disebut legalisir, Kementerian Hukum dan HAM serta  Kementerian Luar Negeri pun memiliki peran penting di dalamnya, karena adanya proses legalisasi atau jasa legalisir di Kedutaan Besar Negara Asing memang memerlukan pengesahan atau legalisasi dari Kementerian tersebut terlebih dahulu. Dapat pula Anda yang menggunakan Jasa legalisasi kemenkumham.

Tata cara atau proses untuk jasa legalisasi dokumen di kedua Kementerian ini tentu berbeda, sesuai dengan jenis dokumen yang akan di legalisasi atau legalisir serta sesuai dengan peraturan Kedutaan Besar Negara Asing di Indonesia (Apabila dokumen hendak di gunakan di Luar Negeri) dan sesuai keperluan atau tujuan pemakai dokumen (Apabila dokumen hendak di gunakan di pergunakan di Dalam Negeri)

Maksud dari legalisasi yaitu pembuktian bahwa dokumen yang telah dibuat oleh para pihak itu memang benar sudah ditandatangani oleh para pihak dan proses tersebut memang telah disaksikan oleh seorang Pejabat Umum dalam hal ini yakni seorang Notaris pada tanggal yang sama dengan waktu penandatanganan dokumen tersebut.

Oleh sebab itu, legalisasi kementrian hukum harus melalui Kemenhukham yang nantinya akan melakukan pencocokan tanda tangan oleh notaris. Pasalnya, setiap notaris yang akan melakukan praktek harus mengirimkan contoh tanda tangannya ke Kemenhukham (pasal 7 huruf c UU No. 30 Tahun 2004 mengenai Jabatan Notaris)

Setelah melakukan legalisasi dari Direktur Perdata Ditjen AHU Kemenhukham serta Direktur Konsuler Kemlu, langkah selanjutnya dokumen tersebut dibawa ke Kedutaan Besar negara yang dituju di Jakarta untuk memperoleh legalisasi. Pada tahap ini, proses mengurus dokumen di Indonesia selesai, pemohon selanjutnya tinggal berangkat ke negara di mana yang telah bersangkutan akan melakukan transaksi serta meminta legalisasi dari Perwakilan RI di negara tersebut.

Persyaratan Jasa Legalisasi kemenkumham di Kementerian Hukum dan HAM

  • Adanya surat permohonan legalisasi yang telah di tanda tangani oleh pemohon.
  • Foto kopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk dari pemohon.
  • Harus foto kopi dokumen yang akan dilegalisasi.
  • Apabila dokumen yang akan di legalisasi berupa terjemahan dari adanya bahasa Indonesia ke bahasa asing, maka harus melampirkan pula foto copy dokumen yang menggunakan bahasa Indonesianya.
  • Dalam kepentingan dokumen yang akan di legalisasi yakni seperti dokumen perusahaan, maka harus melampirkan Surat Kuasa dari Direksi serta foto copy KTP dari pemberi dan penerima kuasa.
  • Materai Rp. 6.000,- untuk setiap dokumen yang nantinya akan dilegalisasi.
  • Adanya bukti Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

 Persyaratan Legalisasi Dokumen di Kementerian Luar Negeri

  • Anda harus mengajukan permohonan legalisasi disertai dengan adanya alasan penggunaan surat atau dokumen tersebut di luar negeri.
  • Pemohon untuk membawa dokumen yang sudah dilegalisasi oleh Direktur Perdata, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM untuk melaksanakan legalisasi oleh Menteri Luar Negeri c.q. Lalu Direktur Konsuler, yang disertai dengan alasan penggunaan dokumen di luar negeri.
  • Pemohon juga membawa terjemahan dokumen oleh penerjemah resmike dalam bahasa negara yang nantinya akan dituju.
  • Setelah dokumen tersebut diberi tanda tangan pengesahan, selanjutnya pemohon diarahkan untuk melegalisasi dokumen yang dimaksud ke perwakilan asing negara yang akan dituju.
  • Apabila terdapat kekurangan atau tidak lengkap mengenai persyaratan legalisasi, maka semua berkas berikut surat atau dokumen akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
  • Menyerahkan materai Rp. 6000 untuk setiap surat atau dokumen.

Jika berhalangan, pemohon boleh diwakili oleh orang yang telah diberi kuasa atau yang akn ditugaskan, disertai dengan fotokopi KTP oleh pihak pihak yang berkepentingan. 

Artikel Lain