Telp. 021-22001558 | Ponsel : 081381913411 Whats’App : 081381913411

Surya  Translation Service
Surya Translation Service

Surya Translation Service
Jasa Penerjemah Tersumpah & Legalisasi

Jl. Aup Raya No. 2C RT. 005/010 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520 - Indonesia

email suryatranslation@gmail.com
telp 021-22001558 / 081381913411
wa 081381913411

Pembayaran

Transfer

Flag Counter

DMCA

Dunia hak cipta bukan hanya milik dari dunia musik saja namun juga bagi semua produk jasa penerjemah tersumpah. Semua hasil dan ide yang orisinal dari seseorang berhak untuk mendapatkan perlindungan kekayaan intelektual. Jadi jangan disangka bahwa ketika seseorang dengan sengaja meniru atau mengambil karya seseorang maka tidak ada sanksinya.

Hal itu berlaku juga bagi semua konten yang dimasukkan ke dalam dunia internet. Semua karya, baik itu berupa visual maupun non-visual, baik berupa gambar, tulisan maupun audio dan semua yang merupakan karya pribadi dan diunggah ke internet memiliki hak cipta. Namun banyak orang yang masih tidak menyadari hal tersebut.

Banyak orang masih beranggapan bahwa semua yang ada di dalam internet adalah milik bersama. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi membuat banyak orang begitu mudah menyebarluaskan karyanya dan sebaliknya, lebih mudah juga dalam mengambil karya orang lain seperti halnya mengambil hasil produk terjemahan.

Berangkat dari kegelisahan tersebut, maka muncullah DMCA yang sekarang ini marak digunakan oleh para blogger dan pengguna jasa internet lainnya untuk melindungi konten yang mereka unggah ke dalam akun pribadi maupun perusahaan mereka. Jika Anda pernah melihat badge yang bertuliskan DMCA, berarti pemilik dari situs tersebut sudah dilindungi oleh DMCA.

Pengenalan Seputar DMCA

Pengertian

Perusahaan yang menangani hukum perlindungan hak cipta digital ini pertama kali diresmikan di Amerika Serikat pada 12 Oktober 1998 yang disebut dengan DMCA atau Digital Millenium Copyright Act. DMCA sendiri merupakan perwujudan dari perjanjian WIPO atau World Intelectual Property Organization.

DMCA melindungi dari segala bentuk pencurian yang dilakukan di internet. Jadi semua yang melakukan penyalinan konten blog lain dan memasukkannya ke blog mereka sendiri akan mendapatkan sanksi dari Google sebagai pendiri dari DMCA, yaitu dengan fasilitas DMCA Take Down. Para penyedia jasa dan layanan lain bisa berlega hati sebab konten yang mereka hasilkan dilindungi hak ciptanya.

Manfaat DMCA

Bagi Anda yang ingin melindungi konten Anda dari pencurian, bisa memasang lencana DMCA di blog maupun situs Anda. Dengan cara ini, semua orang yang masuk ke blog maupun situs Anda akan paham bahwa semua konten yang ada di dalam blog maupun situs tersebut dilindungi oleh DMCA dan ada sanki bagi yang tetap melakukan pencurian.

Sanksi tersebut bisa berupa penghapusan secara otomatis konten yang dicuri dari blog maupun situs yang mengambil konten asli maupun penangguhan sementara akses dari blog "pencuri" tersebut. Dan apabila pencurian konten masih terus dilakukan, maka bisa jadi blog tersebut akan ditangguhkan secara permanen.

Pemasangan lencana DMCA di blog atau situs Anda juga berarti sebuah pendeklamasian bahwa semua konten yang ada di dalam blog maupun situs Anda tersebut merupakan konten asli, sekalipun merupakan saduran maka akan menyertakan sumber aslinya. Hal ini bisa menjadi bukti profesionalisme dari penyedia jasa.

Sebab ketika pemilik blog yang memasang lencana DMCA melakukan tindak pencurian konten, maka mereka juga akan mendapatkan sanksi yang serupa seperti yang tertera di atas.

Jadi bagi para penyedia jasa legalisasi dokumen yang ingin mempromosikan jasa lewat blog maupun situs bisa mulai memasan lencana DMCA dengan cara masuk ke situs resmi DMCA dan mengikuti instruksi. Hal ini bisa dijadikan salah satu daya tarik calon pengguna jasa karena berarti semua produk yang dihasilkan bisa dipertanggungjawabkan.