Telp. 021-22001558 | Ponsel : 081381913411 Whats’App : 081381913411

Surya  Translation Service
Surya Translation Service

Surya Translation Service
Jasa Penerjemah Tersumpah & Legalisasi

Jl. Aup Raya No. 2C RT. 005/010 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520 - Indonesia

email suryatranslation@gmail.com
telp 021-22001558 / 081381913411
wa 081381913411

Pembayaran

Transfer

Flag Counter

Legalisasi

Jasa legalisasi dokumen saat ini sangat dibutuhkan pada berbagai bidang. Pada beberapa bidang Anda akan memperoleh berbagai bukti yang ditunjukkan dengan dokumen. Sebagai contoh pada dunia pendidikan beberapa dokumen yang ada menunjukkan bahwa Anda telah menempuh pendidikan dengan baik. Hal tersebut dilambangkan dengan dokumen berupa ijazah yang akan dapatkan setelah selesai menjalani pendidikan. Ijazah dalam pendidikan adalah salah satu dokumen yang sangat penting.

Kadang kala dokumen penting tersebut juga diharuskan menggunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa dari negara beasiswa yang dituju. Oleh sebab itu sebelum mendaftar beasiswa ke luar negeri akan lebih baik jika Anda menerjemahkan dokumen penting tersebut lebih dulu  ke dalam bahasa internasional sehingga akan membuat lebih mudah dipahami dan diterima di beasiswa pada negara yang dituju.

Terdapat beberapa jasa di Kementerian yang akan membatu Anda menyelesaikan penerjemahan dokumen penting dan akan mempermudah segala keperluan yang harus diselesaikan. Sebaiknya gunakan jasa penerjemah yang sudah bersumpah karena jasa tersebut merupakan jasa resmi dan akan membuat tujuan Anda menjadi lebih mudah.

Jasa Legalitas Di Kementerian dan Dokumen Yang di Terjemahkan

Legalisasi Notaris

Jasa Legalisasi Notaris-Kemenkumham-Kemenlu-KedutaanLegalisasi Notaris merupakan sebuah proses pengesahan dari dokumen yang ditandatangani oleh seseorang notaris. Kemudian dokumen atau surat tersebut akan dibacakan dan dijelaskan oleh Notaris yang bersangkutan. Tanggal yang ada pada dokumen dan surat  yang bersangkutan tersebut tanggalnya sama dengan tanggal legalisasi yang dilakukan notaris.

Dengan demikian, dapat diartikan bahwa jasa legalisasi notaris telah menjamin adanya keabsahan mengenai tanda-tangan dari berbagi pihak yang tanda tangannya dilegalisir. Karena pihak yang bertanda tangan pada dokumen tersebut telah dijelaskan oleh seorang notaris mengenai isi surat. Sehingga pihak lain tidak dapat menyangkal dan mengatakan bahwa  tidak bisa mengerti mengenai isi dari dokumen atau surat.

Sedangkan untuk legalisasi notaris sendiri dibedakan menjadi 3 macam, yaitu pertama legalisasi dengan tandatangan saja, yang mana notaris tidak akan bertanggung jawab pada isi dari suatu dokumen. Kedua legalisasi dengan mendaftarkan sebuah dokumen kepada notaris atau sering disebut Register atau Waarmerking.

Waarmerking  adalah dokumen atau surat yang bersangkutan di daftarkan pada buku khusus dibuat oleh Notaris. Biasanya hal ini ditempuh jika dokumen atau surat tersebut telah ditanda tangani lebih dulu oleh berbagai pihak, sebelum di sampaikan pada notaris yang bersangkutan.

Ketiga merupakan jasa legalisasi pencocokan foto copy dari dokumen. Yang mana dalam praktiknya hal ini menggunakan istilah "legalisir". Proses ini adalah mencocokkan fotocopy dari suatu dokumen dengan dokumen aslinya dengan judul Pencocokan Fotocopy.

Pada dokumen fotocopy untuk mendapatkan legalitas akan terdapat stempel atau cap di setiap halamannya, kemudian juga akan terdapat paraf dari Notaris yang di halaman terakhir dan akan mencantumkan keterangan bahwa dokumen fotocopy yang dilegalitas sama dengan aslinya.

Legalisasi Kemenlu

Legalisasi sebuah dokumen adalah tindakan dilakukan untuk mengesahkan tanda tangan dari Pejabat Pemerintah maupun Pejabat Umum yang kemudian diangkat oleh Pemerintah setelah untuk mencocokkan tanda tangan berdasarkan specimen tanda tangan pejabat yang berwenang.

Terdapat beberapa petugas yang memiliki wewenang sebagai penandatanganan dari  dokumen yang akan dilegalisasi. Petugas tersebut antara lain adalah Notaris, Pejabat Kedutaan terkait, Pejabat Departemen Luar Negeri, Pejabat Departemen Hukum dan HAM, termasuk Jasa legalisasi Kemenlu melalui jasa legalisasi Kemenlu.

Legalisasi Kemenkumham

Jasa legalisasi Kemenkumham biasnya melakukan legalisasi dokumen untuk keperluan luar negeri. Dokumen yang dilegalisasi oleh menteri luar negeri yaitu. C/Q Direktur Konsuler. Namun sebelumnya harus dilegalisasi lebih dulu oleh direktur perdata, dan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), serta Kemenkumham.

Apabila sudah mendapatkan legalisasi dari  Direktur Perdata Ditjen AHU Kemenkumham Dan Direktur Konsuler Kemlu RI. Maka selanjutnya adalah dokumen dibawa ke Kedutaan Besar Negara tujuan yang berada di Jakarta agar mendapatkan legalisasi.

Legalisasi Kedutaan

Proses legalisasi dokumen pada jasa legalisasi Kedutaan dilakukan setelah lebih dahulu melalui proses legalisasi pada Deplu Depkumham. Legalisasi di kedutaan biasanya dilakukan agar dokumen-dokumen yang akan dibawa menuju keluar negeri atau sebaliknya. Keperluan-keperluan tersebut diantaranya adalah keperluan ijin kerja, keperluan menikah dan juga keperluan menikah yang memerlukan jasa legalisir.